Home / LAMPUNG / Tulang Bawang Barat / Sofian Nur : 2 Bulan Pilkati Ditunda, 9 Oktober Verifikasi Berkas Dan 17-19 Desember Pelantikan

Sofian Nur : 2 Bulan Pilkati Ditunda, 9 Oktober Verifikasi Berkas Dan 17-19 Desember Pelantikan

Tulangbawang Barat

Trienews.id : Pemerintah Kabupaten Tulangbawang Barat melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat Tiyuh/Desa (PMD) pastikan Penundaan Pemilihan kepalo Tiyuh (Pilkati) selama 2 bulan kedepan.Penundaan Pilkati tersebut sesuai dengan surat dari Mendagri dengan Nomor: 141/4251/SJ.hal penundaan pelaksanaan Pilkades serentak dan pemilihan antar waktu (PAW) pada masa pademi Covid-19 tanggal 9 Agustus lalu.

Dikatakan Sofian Nur, Kepala Dinas PMD Kabupaten Tubaba, Bahwasannya pelaksanaan Pilkades kita yang telah direncanakan di tunda selama 2 bulan kedepan, Penundaan tersebut akibat pademi covid-19.

“Ya, Pilkati dikabupaten Tubaba sementara ditunda, Penundaan tersebut berdasarkan surat dari kemendagri yang berisi tentang penundaan Pilkati serentak yang dimulai sejak tanggal 9 Agustus lalu hingga 9 Oktober 2021 mendatang,” Ungkap Sofian nur saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (7/9/2021) sekira pukul 11.00 Wib.

Lebih lanjut dijelaskan Sofian nur, Pada Tanggal 9 Oktober mendatang, Dinas PMD akan melakukan langkah Verifikasi berkas bakal calon kepalo tiyuh yang mana Jika tiyuh kurang dari 2 bakal calon dan telah memenuhi persyaratan administrasi maka kita akan buka pendaftaran gelombang 2, Sedangkan jika ada tiyuh lebih dari 5 calon maka kita melakukan seleksi tambahan.

“Seleksi tambahan dilakukan untuk menyeleksi calon menjadi 5 besar yang dalam arti calon kepalo dibatasi maksimal 5 calon dan minimal 2 calon sedangkan untuk kepalo tiyuh yang sudah tiga kali masa jabatan maka dipastikan tidak bisa mencalonkan diri kembali,” Beber Sofian nur.

Adapun bakal calon Pilkati Se-Kabupaten Tubaba berjumlah 225 bakal calon dari 69 tiyuh. 2 tiyuh diantaranya lebih dari 5 calon ( Tiyuh Murni jaya, Kecamatan Tumijajar terdapat 6 bakal calon), dan Tiyuh bujung dewa Kecamatan Pagar dewa terdapat 7 bakal calon, Beber Sofian.

Terkait hari pelaksanaan, Masih Lanjut Sofian nur, Dijadwalkan pada hari Kamis tanggal 9 Desember 2021 mendatang. Hal ini berdasarkan jadwal RAB yang kita ajukan ke bupati ” Kabupaten Tubaba saat ini level 2 dalam arti kita sudah di zona kuning, Tentunya kita berharap kabupaten Tubaba bisa menurun dan tahapan Pilkati dapat berjalan,Sedangkan terkait pelantikan dijadwalkan pada tanggal 17,18, dan 19 Desember 2021 Mendatang, Harapnya.(H/F)

About admin2019

Check Also

Relawan Kotak Kosong Kembali Gelar Jumat Berkah di Tugu Pasar Mulya Kencana Tubaba

Tulang Bawang Barat Trienews.id : Relawan Rakyat Tubaba Bersatu (R2TB) kembali gelar agenda Jum’at Berkah …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *