Home / ADVERTORIAL / M. Firsada Paparkan Rencana Revisi RT RW Tubaba Saat Rakor Lintas Sektoral di Jakarta

M. Firsada Paparkan Rencana Revisi RT RW Tubaba Saat Rakor Lintas Sektoral di Jakarta

Tulang Bawang Barat

Tulang Bawang Barat – Penjabat (Pj) Bupati Kabupaten Tulangbawang Barat (Tubaba) menyampaikan Revisi Rencana Tata Ruang dan Wilayah (RT RW) saat Rapat Koordinas (Rakor) Lintas Sektoral.

Rakor yang diselenggarakan oleh Kementerian ATR/BPN di Hotel Sultan Jakarta, Kamis kemarin (27/06/2023), dihadiri oleh sejumlah Kementerian terkait, Bupati Ogan Ilir, Bupati Belitung, Plt. Bupati Muara Enim, dan Pj. Bupati Lampung Barat. Selasa (15/08/2023).

Rakor Lintas Sekor dimaksudkan untuk penyelarasan tata ruang nasional, propinsi dan kabupaten, serta untuk mendapatkan masukan dari sejumlah kemeterian dan lembaga terkait diantaranya Kementan, Kemenhan, Kemen PUPR, Kemen ATR/BPN, Kemen KLH, Kemen ESDM, Kemenhub, dan Pemprov Lampung.

Dikesempatan itu, Pj Bupati Tubaba Drs. M Firsada, menyampaikan kronologis revisi RTRW Tubaba, diantaranya, adanya perubahan batas wilayah, keberadaan jalan dan exit tol, jaringan SUTET, jalur pipa gas, kebutuhan ruang untuk sarana pemerintahan, permukiman, kawasan pariwisata hingga industri.

“Revisi RTRW dimaksudkan untuk mengakomodir dinamika perubahan tersebut, serta antisipasi perkembangan di masa mendatang,” ujarnya.

Sementara Dirjen Tata Ruang Kemen ATR/BPN yang diwakili Direktur Bina Perencanaan Daerah Wilayah I, Drs. Pelopor, M.Eng.,Sc., dalam pengarahannya menyampaikan, bahwa penataan ruang dan wilayah harus memastikan setiap orang/warga negara di Negeri ini mendapatkan ruang yg aman, nyaman dan produktif, yg secara berkelanjutan mampu mewujudkan kesejahteraan rakyat.

“Penataan RTRW dan RDTR harus mampu menjawab atau menyelesaikan permasalahan yang ada, bukan sebaliknya,”katanya.

Seusai paparan, Pemkab Tubaba mendapatkan berbagai masukan dari sejumlah kememterian dan lembaga, diantaranya, perlunya mempertahan Lahan Sawah Dilindungi (LSD) yang ditetapkan berada dalam Kawasan Ketahanan Pangan, karena Kabupaten Tubaba secara mandatori bersama dengan Provinsi Lampung menjadi salah satu penyangga ketahanan pangan nasional.

Selain itu, Kementerian Pertahanan juga memberikan masukan terkait penentuan titik lokasi Markas Komando militer (Kodim dan 5 Koramil).

Sementara Ketua DPRD Tubaba, Ponco Nugroho, S.T., yang juga hadir dalam Rakor tersebut menyampaikan dukungannya agar proses revisi RTRW Tubaba tersebut berjalan lancar dan segera mendapatkan persetujuan Menteri ATR/BPN, yang selanjutkan akan dibahas dan ditetapkan bersama antara Bupati dan DPRD menjadi Perda.

Diketahui secara umum pembahasan revisi RT RW Tubaba tersebut berjalan lancar. Turut hadir bersama Pj Bupati Tubaba dalam Rakor tersebut diantaranya, Ketua DPRD Ponco Nugroho,ST, Sekretaris Daerah Ir. Novriwan Jaya, SP., Kepala Baperinda, Kepala Dinas TPHP (Pertanian), Kepala Dinas PM PTSP, Kepala Dinas Lingkungan Hidup, Kepala Dinas Perkimta Kepala Dinas Perhubungan, Kadis PUPR diwakili Sekretaris dan para Kabid, Kabag Hukum, Kabag Prokopim, dan Kabag Tata Pemerintahan.(ADV)

About admin2019

Check Also

Relawan Masyarakat Tubaba Bersatu Silaturahmi dengan Ketua KPU Tubaba

Tulang Bawang Barat Trienews.id : Relawan Masyarakat Tubaba Bersatu yang mengusung gerakan “Coblos Kotak Kosong” …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *