Home / PENDIDIKAN / SMPN 2 Gunung Agung Terapkan Penguatan Pendidikan Karakter

SMPN 2 Gunung Agung Terapkan Penguatan Pendidikan Karakter

Tulangbawang Barat, trienews.com-
Sudah menjadi kewajiban pihak sekolah untuk mengembangkan karakter siswa serta melatih dan mendidik siswa cerdas dan berakhlak mulia dengan penerapan program yang tepat. Sehingga diharapkan mampu melahirkan sosok siswa yang memiliki karakter positif seperti yang diamanatkan dalam regulasi penguatan pendidikan karakter.
Untuk mengimplementasikan hal itu, SMPN 2 Gunung Agung melaksanakan berbagai kegiatan penguatan pendidikan karakter melalui jurus-jurus (program) yang positif. Demikian diungkapkan Kepala SMPN 2 Gunung Agung Nurhamid, S.Pd., M.Pd melalui layanan WhatsApp, Selasa (26/6/2019).
“Kami berupaya mewujudkan pendidikan karakter agar siswa memiliki ilmu dan sikap yang ramah terhadap siapapun,”ujarnya.
Program tersebut lanjut Nurhamid, yakni dalam memacu siswa agar tidak terlambat datang ke sekolah pria ramah ini menerapkan sistem ATM (antrian tiket masuk). Artinya siswa yang berangkat lebih awal akan mendapatkan kartu kehadiran pertama, yang kedua dan seterusnya.
“Dalam menanggulangi tumpukan sampah di sekolah kami canangkan Program Tante Lisa Labu Tesa ( Tangan Terampil Lihat Sampah Langsung Buang ke Tempat Sampah). Maksudnya, apabila ada sampah yang terlihat oleh siswa, maka yang bersangkutan wajib mengambil dan membuangngnya ditempatnya, dengan demikian SMPN 2 Gunung Agung akan bebas dari tumpukan sampah plastik,”kata Nurhamid.
Selain itu, lanjut dia, terdapat tiga program harian yakni pada hari Senin disiplin melaksanakan upacara dimulai pada pukul 07.00 Wib. Kemudian pada hari Selasa berdoa yakni siswa mengadakan doa pagi bagi non muslim dan hafalan Al-qur’an (surat pendek) bagi siswa muslim.
“Untuk mendekatkan diri kepada sang pencipta pada hari Rabu bagi siswa muslim melaksanakan dzikir dengan membaca Asmaul Husna, dan bagi siswa non muslim membaca doa pagi,”ungkapnya.
Satu hal yang sangat menarik adalah sekolah ini juga menerapkan program Kamis cerdas dengan berbagai kegiatan literasi sekolah masal dengan cara membaca buku.
Selain berbagai kegiatan diatas para siswa yang menimba ilmu di SMPN 2 Gunung Agung pada hari Jumat menggelar senam sehat yang dilaksanakan pada pagi hari. Kemudian membersihkan lingkungan sekolah. Kegiatan yang tidak kalah penting adalah kegiatan Pramuka yang dilaksanakan pada hari Sabtu.
“Semua kegiatan yang kami lakukan tersebut, dilaksanakan di lapangan sekolah dan belum masuk jam pelajaran, atau diluar proses KBM,”pungkasnya.
Diketahui SMPN 2 Gunung Agung kabupaten Tulangbawang Barat sejak kepemimpinan Nurhamid, S.Pd, M.Pd mengalami banyak kemajuan. Hal ini berkat sinergitas dan komunikasi aktif antara pihak sekolah baik tenaga pendidik maupun tenaga kependidikan, Komite sekolah, siswa serta Sumber:LV

About admin2019

Check Also

Sri Idayanti : Ciptakan Siswa Berkarakter Perlu Sinergi Guru Dan Wali Murid,

Lampung Utara : TrieNews.com- Upaya meningkatkan kualitas pendidikan siswa berkarakter perlu sinergi antara guru dan …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *